Pelatihan Diversifikasi Produk Perikanan oleh Himpunan Mahasiswa Teknologi Hasil Perikanan

0
248

Kepengurusan baru Himpunan Mahasiswa Teknologi Hasil Perikanan memulai program kerja dengan Kegiatan Pelatihan Diversifikasi Produk Perikanan. Tema kegiatan ini adalah “Membangun Kreativitas Mahasiswa Dalam Berwirausaha Berbasis Skala Industri Perikanan”. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 21 Mei 2016 di Laboratorium Pengolahan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Universitas Maritim Raja Ali Haji. Kegiatan diisi dengan pengarahan oleh Bapak Ginanjar Pratama, Bapak Aidil Fadli Ilhamdy dan Ibu R. Marwita Sari selaku dosen pembimbing kegiatan. Pengarahan yang disampaikan ialah pengetahuan tentang diversifikasi dan prinsip kerja dalam kegiatan pengolahan produk.

Acara utama pada kegiatan Pelatihan Diversifikasi Produk Perikanan adalah pembuatan produk oleh peserta Pelatihan. Pembuatan Produk dibimbing oleh praktisi dibantu oleh panitia kegiatan. Pelatihan Diversifikasi Produk Perikanan ini dibagi menjadi dua sesi yaitu, sesi pertama untuk mahasiswa THP angkatan tahun 2015 dan sesi kedua untuk mahasiswa angkatan tahun 2014. Produk yang dibuat dalam Pelatihan Diversifikasi Produk Perikanan ini adalah bakso ikan dan fish nugget.

Antusiasme peserta semakin terasa ketika memasuki acara santap siang. Peserta diperkenankan untuk mencicipi bakso ikan dan fish nugget yang telah mereka buat secara bersama-sama. Kegiatan diikuti oleh 65 orang yang terdiri dari dosen, panitia dan peserta. Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian sertifikat kepada masing-masing peserta. Pelatihan ditutup dengan konsep yang wajib diketahui oleh pengolah makanan yaitu prinsip sanitasi dan higiene. Pserta dan panitia bersama-sama membersihkan laboratorium pengolahan yang telah digunakan. (M. Suhandana, H. Putra, RD Septyaningtyas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here