Tim Pengabdian Masyarakat Program Studi Teknologi Hasil Perikanan Melakukan Input Metode Pengolahan Teripang Menjadi Minuman Fungsional di Kampung Madong

0
18

Teripang dikenal sebagai biota perairan yang memiliki potensi dibidang kesehatan. Tidak sedikit khasiat kesehatan yang telah digali baik secara empiris maupun digali secara ilmiah. Kolagen merupakan salah satu produk yang dihasilkan dari teripang. Kita tentunya tidak asing dengan produk yang disebut dengan kolagen. Lalu apakah produk kolagen merupakan satu-satunya yang sudah digali secara ilmiah? Tentu saja tidak.

Riset yang dilakukan oleh Dosen Program Studi Teknologi Hasil Perikanan R. Marwita Sari Putri, S.Pi, M.Si dan Azwin Apriandi, S.Pi, M.Si menemukan khasiat teripang yang diolah menjadi minuman fungsional. Teripang dicampirkan dengan beberapa ekstrak untuk menyamarkan bau dari teripang. Hasil penelitian ini kemudian dijadikan sebagai topik pengabdian kepada masyarakat dengan tujuan menambah diversifikasi produk yang dapat diolah oleh ibu-ibu di kampung madong.

Kegiatan pembuatan minuman fungsional dari teripang dilakukan dalam beberapa tahap. Tahap yang utama tentunya adalah praktek pembuatan minuman fungsioanal yang dilakukan di rumah warga. Tim pengabdian menyiapkan beberapa ekstrak antara lain ekstrak teripang, ekstrak jahe, ekstrak jeruk, ekstrak serai dan rosela. Ekstrak yang telah disiapkan kemudian dicampur dengan perbandingan tertentu sehingga dihasilkan minuman yang siap dikonsumsi.

Warga yang hadir dipersilahkan untuk mencoba minuman fungsional yang dibuat. “rasa dan bau teripang sudah tidak ada” tanggapan dari salah satu warga yang mencicipi minuman. Penambahan beberapa ekstrak memang ditujukan untuk menyamarkan bau dari ekstrak teripang. Ibu Ara sebagai tuan rumah turut memberikan penilaian pada produk minuman fungsional.

Kegiatan pengabdian ini merupakan wujud apresiasi Program Studi Teknologi Hasil Perikanan Universitas Maritim Raja Ali Haji terhadap para pengolah teripang tradisional. Para pengolah teripang tradisional perlu mendapatkan masukan dari peneliti sehingga olahan yang dihasilkan lebih kaya dan mampu menjadi cikal bakal olahan baru di industri rumah tangga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here