PKKMB dan Pra Kuliah Program Studi Teknologi Hasil Perikanan

0
353

Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) merupakan acara tahunan yang dilaksanakan di Universitas maritim Raja Ali Haji. Kegiatan tersebut menjadi ajang bagi mahasiswa baru untuk mengenal lebih lanjut mengenai Universitas, Fakultas, dan Program Studi yang selama kurang lebih 4 tahun ke depan akan mereka jelajahi.

Tanggal 22-24 Agustus 2017 adalah hari bersejarah bagi mahasiswa baru program Studi Teknologi Hasil Perikanan. Mereka mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB). PKKMB yang ditempuh oleh mahasiswa baru dibagi menjadi PKKMB Universitas dan PKKMB Fakultas.

Selasa, 22 Agustus 2017 dilaksanakan PKKMB Universitas. Semua Mahasiswa baru dari seluruh Fakultas Di Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) berkumpul di Auditorium UMRAH dompak. Mereka mendapatkan informasi atau materi dari Rektor UMRAH, Wakil Rektor UMRAH dan Pimpinan dari BPJS. Mahasiswa baru sangat antusias mengikuti PKKMB Universitas di auditorium UMRAH dompak.

Tanggal 23-24 Agustus 2017 semua mahasiswa baru diserahkan ke Fakultas untuk melaksanakan PKKMB Fakultas. Sebanyak 169 orang yang mengikuti kegiatan PKKMB Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan UMRAH. Adapun kegiatan PKKMB Fakultas mencakup acara pembukaan PKKMB Fakultas, game FIKP pintar, bersih-bersih fakultas, family gathering, pemilihan kategori-kategori dan pemilihan King dan Queen FIKP 2017.

Sebuah terobosan dilakukan di Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan. Setelah Kegiatan PKKMB Fakultas, mahasiswa baru mendapatkan materi dari Program Studi (Pra Kuliah) pada tanggal 28-29 Agustus 2017. Sebanyak 34 orang mahasiswa baru Prodi Teknologi Hasil Perikanan mengikuti kegiatan Pra Kuliah. Pembukaan kegiatan Pra Kuliah Prodi Teknologi Hasil Perikanan dibuka oleh Ketua Prodi Teknologi Hasil Perikanan yaitu Bapak Azwin Apriandi S.Pi., M.Si. Setelah pembukaan, mahasiswa baru diperkenalkan lebih dalam tentang prodi Teknologi Hasil Perikanan oleh Ketua jurusan Teknologi Hasil Perikanan.

Selepas coffe break, mahasiswa baru Prodi Teknologi Hasil Perikanan mendengarkan materi tentang Etika Mahasiswa yang disampaikan oleh Sekretaris Prodi Ibu R. Marwita Sari Putri, S.Pi., M.Si. Penyampaian materi tentang etika mahasiswa sangat penting sehingga mahasiswa baru bisa mengetahui Etika terhadap dosen, kakak tingkat, dan teman seangkatan baik dari satu prodi maupun prodi lain.

Kegiatan dilanjutkan dengan perkenalan kakak tingkat. Kegiatan ini dilakukan agar mahasiswa baru mengetahui dan bisa saling sharing dengan kakak tingkatnya. Beberapa dari kakak tingkat yang mengiisi acara yaitu Farouk Imam Mawardy, Irvan Tanjung, Deski Syaputra, Gianto, Herdiyansyah, Rizky Dwi. Mereka bercerita tentang pengalaman selama kuliah serta ilmu dan prestasi yang telah diraih selama berkuliah di Prodi Teknologi Hasil Perikanan.

Hari kedua mahasiswa baru mendengarkan materi tentang organisasi baik itu internal maupun eksternal yang disampaikan oleh Bapak Jumsurizal S.Pi., M.Si. Kesimpulannya adalah organisasi sangat dibutuhkan untuk melatih soft skill namun tanpa melupakan atau meninggalkan kuliah. Setelah materi yang di sampaikan, mahasiswa baru langsung diajak gotong royong untuk membersihkan laboratorium Teknologi Hasil Perikanan. Selesai gotong royong mahasiswa baru melakukan penutupan Pra Kuliah Prodi Teknologi Hasil Perikanan.

Made Suhandana/Wan Kirana S

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here