Kuliah Dosen Tamu : Strategi Pengembangan Industri Perikanan di Pulau Terdepan Melalui PSKPT Natuna

0
350

Tanjungpinang. Program Studi Teknologi Hasil Perikanan melaksanakan kegiatan kuliah dosen tamu sebagai sarana untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk kuliah yang diisi oleh dosen dari luar program studi. Dosen tamu diundang sebagai narasumber untuk menyampaikan kondisi terkini dibidang teknologi hasil perikanan.

Sambutan oleh Ketua Program Studi Teknologi Hasil Perikanan

Kuliah dosen tamu pada periode ini mengangkat topik “Strategi Pengembangan Industri Perikanan di Pulau Terdepan Kepulauan Riau melalui PSKPT Natuna. Narasumber kegiatan kuliah dosen tamu adalah Bapak Risyanto Suanda (Direktur Usaha Perum Perindo). Kegiatan dilaksanakan di Kampus Universitas Maritim Raja Ali Haji Senggarang pada Tanggal 23 Mei 2017.

Pembukaan oleh Dekan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan

Pemerintah saat ini mengembangkan Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) yang terletak di beberapa daerah. Perum Perindo mengambil peran aktif dalam membantu pengembangan SKPT. Salah satu SKPT yang menjadi fokus adalah SKPT Natuna. Model pengembangan bisnis yang akan dikembangkan Perum Perindo di Natuna antara lain trading ikan, unit pengolahan ikan, kerjasama kapal penangkap ikan, Pabrik es, dan suplay perbekalan kapal penangkap ikan.

Kuliah dosen tamu yang dilaksanakan mampu memotivasi mahasiswa untuk belajar dan bertanya lebih kritis. Materi-materi yang disampaikan mampu meningkatkan kesadaran mahasiswa akan pentingnya sektor perikanan dan dukungan seluruh pihak untuk mengembangkan perikanan Kepulauan Riau. Mahasiswa diharapkan mampu meningkatkan kualitas sehingga bisa berperan dalam pengembangan kelautan dan perikanan Indonesia. (mds)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here