Marwita Sari Putri dilahirkan di Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir pada 31 Maret 1985. Mendapat gelar sarjana Teknologi Hasil Perikanan di Universitas Riau (UR) pada tahun 2008 dengan judul skripsi Penerimaan Konsumen dan Mutu Permen Jelly yang Diolah Dari Rumput Laut (Eucheuma cottonii). Melanjutkan pendidikan Pascasarjana di Institut Pertanian Bogor (IPB). Pada Tahun 2013 mendapat gelar magister sains di jurusan Teknologi Hasil Perairan dengan judul tesis Efek Sinergis Taurin Lintah Laut (Discodoris sp.) dan Temulawak (Curcuma xanthorriza Roxb.) dalam Serbuk Minuman Fungsional. Beliau mempunyai bidang kepakaran di Fisheries products.

Pada Tahun 2009 sampai dengan Januari 2016 menjadi dosen tetap di Universitas Islam Indragiri (UNISI) di jurusan Teknologi Pangan Fakultas Pertanian. Sebagai pendidik beliau memegang beberapa Matakuliah keahlian yaitu kontaminasi dan  toksik pangan, metabolisme zat gizi, teknologi pengalengan dan jaminan mutu pangan.

Pada Bulan Februari 2016 sampai sekarang menjadi dosen tetap di Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) di jurusan Teknologi Hasil Perikanan. Adapun beberapa matakuliah keahlian yang diampu adalah Teknologi pengolahan hasil perikanan modern, teknologi pengolahan  hasil perikanan tradisional, diversifikasi dan pengembangan produk baru serta teknologi surimi.

Pada tahun 2011 beliau  menjadi pemakalah Seminar Poster Acikita International Conference of Science and Technology (AICTS)  di Forum Acikita International Conference of Science and Technology (AICTS) dengan judul  Fuctional drink of sea slug (Discodoris sp) as taurine source. Tahun 2014 beliau mendapat dana penelitian dari Ristekdikti dengan judul penelitian Optimalisasi pemanfaatan cangkang kerang simping (Placuna plecenta) dalam pembuatan biskuit. Beberapa judul artikel ilmiah yang pernah ditulis antara lain Sinergis taurin lintah laut (Discodoris sp) dan temulawak (Xanthorrhiza Roxb.) dalam serbuk minuman fungsional, Pengaruh jenis gula yang berbeda terhadap mutu permen jelly rumput laut (Eucheuma cottonii), Si “Kuning” Temulawak (Curcuma xanthoriza Roxb.) dengan Segudang Khasiat, Studi Penerimaan Konsumen Pada Minuman Serbuk Lintah Laut (Discodoris sp.). Ditahun 2017 beliau membuat buku ajar dengan judul Teknologi Produk Tradisonal.